Yurisman, Optimalkan Pertanian Swadaya Dengan Melatih Kader Penyuluhan Pertanian Swadaya

JURNALISSUMBAR| PADANG-Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  menyampaikan bahwa pada pada tahun 2018 ini Kabupaten Padang Pariaman mendapat dana Dekonsentrasi dari Kementerian Pertanian akan menfasilitasi 12 orang penyuluh swadaya untuk melaksanakan demplot di wilayah kerja mereka dan 12 orang ini akan diseleksi dari 60 peserta yang mengikuti kegiatan Temu Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya.

Diharapkan melalui    pelatihan kepada tenaga penyuluh untuk melaksanakan program ini,"

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman, SP. MM  Temu Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya   di Balai Pelatihan PAUD Kota Pariaman, Selasa 10 April 2018  

Katanya, Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) adalah pelaku utama yang berhasil dalam usahanya dan warga masyarakat lainnya yang dengan kesadarannya sendiri mau dan mampu menjadi penyuluh.

Potensi yang memiliki Padang Pariaman dengan 103 Nagari,  sementara jumlah penyuluh hanya 81 orang terdiri dari 47 orang Penyuluh PNS, 21 orang THL-TBPP (Tenaga Harian Lepas- Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian ) dan 13 orang CPNS (yang diangkat dari THL-TBPP tahun 2017), membuat perlunya memberdayakan penyuluh pertanian swadaya yang ada di Kabupaten Padang Pariaman karena idealnya satu Nagari itu satu orang penyuluh.

“Dari 167 PPS yang ada, dipilih 60 orang untuk mengikuti Temu Teknis tersebut,” katanya

Ia menambahkan bahwa belum semua kabupaten/kota (Nasional 43,8 %) memfasilitasi penumbuhan dan pembinaan terhadap PPS dan pembinaan belum optimal sehingga beliau sangat berharap PPS yang mengikuti temu teknis ini memiliki tambahan pengetahun untuk bekal mereka berperan di masyarat umumnya di kelompok tani khususnya.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Bapak Agustiar SP, MSi (Kelompok Jabatang Fungsional Provinsi Sumatera Barat) yang menyampaikan materi Tugas Pokok dan Fungsi PPS, dan juga Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh Bapak Ir. Ollyandes, S.Pt selaku Kepala Balai Pelatihan Penyuluhan Pertanian Sumbar.

#Fals
Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang