Fitriyeni, SMK-SMAK Wujudkan Sekolah Dengan Kurikulum KTSP

JURNALIST SUMBAR| PADANG- Sekolah Menengah Kejuruan - Sekokah Menengah Analis Kimia (SMK-SMAK) Padang  terus berupaya mewujudkan sekolah yang efektif, produktif dan berprestasi. Hal ini dilakukan melalui strategi pengembangan perangkat pembelajaran dalam  penyusunan  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang aktual setiap tahunnya.

Sabtu (21/4/2018), sebanyak 63 guru semua mata pelajaran di sekolah naungan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Perindustrian ini kembali mengikuti penyusunan KTSP dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019. Kegiatan bertempat di ruang kelas SMAK Padang dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat dan Pengawas SMK pada Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK-SMAK Padang, Fitriyeni M.Si mengatakan, perangkat pembelajaran adalah serangkaian media/ sarana yang digunakan dan dipersiapkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Hal itu yang kembali dipersiapkan untuk tahun pelajaran atau semester berikutnya.

"Setiap satuan pendidikan dan sekolah memiliki keleluasaan dalam megelola sumber daya, sumber dana, sumber belajar dan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap perkembangan," kata Fitriyeni.

Ia menyebutkan, SMK-SMAK Padang lebih fokus pada lingkup materi peningkatan kompetensi tamatan, sesuai dengan pendidikan fokasi industri yang jadi sasarannya. Standar isi dituangkan dalam kompetensi mata pelajaran, kompetensi bahan kajian dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik di sekolah yang jadi 'role model' pendidikan fokasi itu.

"Peningkatan kompetensi tamatan adalah materi yang menjadi fokus kami di SMAK Padang," sebutnya.

Dengan penyusunan KTSP yang bertujuan untuk pengembangan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018-2019 tersebut, Wakasek optimis SMAK Padang akan selalu menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan berdaya saing. Hal itu dibuktikan dengan terserapnya seluruh lulusannya di dunia industri, semuanya melalui proses rekruitmen berdasarkan kerjasama yang disepakati antara SMAK Padang dengan sejumlah perusahaan besar dalam negeri dan manca negara.

"Hampir seluruh lulusan SMAK Padang terserap dunia industri. Tahun ini sejumlah perusahaan juga tengah melakukan rekrutruitment terhadap para calon lulusan," tukasnya. (yz)
Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang