Hujan Lebat, Wilayah kampung Dalam Terendam Banjir

JURNALISt  SUMBAR| Padang Pariaman – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Padang Pariaman semenjak siang hingga malam, Senin (26/3/2018), mengakibatkan terjadi luapan sungai di sejumlah kawasan. Berdasarkan laporan yang diterima Redaksi CanangNews, masyarakat di Baliak Pupuak Campago dan Sungai Janiah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam memerlukan bantuan evakuasi.

“Masyarakat di sana terkurung banjir yang semakin besar. Pertolongan harus segera diberikan, termasuk pendistribusian makanan,” tulis Anggota DPRD Padang Pariaman Dewiwarman SH MH di Grup Mitra Humas pada WhatsApp (WA) pukul 19.58 WIB.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Humas Setdakab Padang Pariaman Andri Satria Masri menjelaskan, pukul 19.30 tadi ia menelepon Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yendri Munir yang menyebutkan telah sekitar satu jam lewat (berarti pas maghrib) anggotanya telah menuju lokasi.

Menurut Dewiwarman, banyak masyarakat di Kenagarian Campago yang butuh evakuasi. “Mungkin kawan-kawan Tim Reaksi Cepat BPBD baru tiba di Bukit Gonggang dan Sawah Rawang. Tetapi dari informasi anggota Brigade Rescue Pramuka di lapangan yang di Baliak Pupuak harus dievakuasi secepatnya. Mereka juga buth bantuan makanan. Semoga semua kekuatan kita bisa mengatasi itu,” tulis dia.


Dalam waktu hampir bersaman, seorang pejabat dari Dinas Sosial – Aprizondi – menulis laporan di Grup di WA ASN: Laporan bencana banjir sementara, lokasi: Sikucur Basuang Bawah, Korong Lansano, Durian Kadok, Sungai Janiah, Jalan Kampung Paneh Korong Patamuan Aia Sunsang jembatan putus, masyarkat terisolasi.

Selain itu, tulisnya, terjadi longsor di Pulau Aia Alahan Tabek, Nagari Sikucur Barat. Korban sementara tidak ada, baik bagunan maupun manusia. Sedangkan sawah 15 hektar baru ditanam terpapar banjir (laporan lapangan Tim Tagana, bersama  Kadis dan Kabid Bencana Dinas Sosial P3A Kab.Padang Pariaman).

Dihubungi secara terpisah, Kepala BPBD Budi Mulya ST MEng menjelaskan, pas maghrib sudah mengevakuasi warga yang di belakang SMP Kampung Dalam, selanjutnya tim pindah ke lokasi sekitar jembatan campago untuk evakuasi warga sekitar.

“Sekarang proses evakuasi warga di sekitar Jembatan Campago. Inshaa Allah kita turunkan dua tim,” tulis Budi Mulya di Grup WA BPBD pukul 21.10 WIB.

Menurut Budi, di belakang SMP sekitar 5 rumah terdampak banjir. Kalau yang di sekitar Jembatan Campago tim masih proses evakuasi. “Setelah selesai evakuasi di sekitar Jembatan Campago baru bisa kita informasikan jumlah rumahnya,” tulis dia.


Dia menambahkan, untuk infrastruktur, nanti akan diminta bantuan dari tim teknis Dinas PU dalam hal kajian untuk penanganan secepatnya, seperti penanganan darurat jembatan yang putus secepatnya, penanganan darurat jalan yang rusak / putus dll. (ZT)
Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang