Sumbar Berminat Jadi Tuan Rumah PON 2024

JURNALIST SUMBAR| SUMBAR- Komite Olahraga Nasional Indonesia secara resmi telah menerima berkas pendaftaran sebagai calon tuan rumah PON 2024 mendatang dari KONI Sumbar.

Dengan pendaftaran yang dimulai sejak Mei 2017 dan 30 November lalu itu, membuat jumlah daerah yang berminat jadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Indonesia jadi enam.

Keenam daerah tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sumbar sendiri.

Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Suwarno menilai, dengan pencalonan tuan rumah semakin kompetitif. Namun semua calon perlu melakukan persiapan khusus.

"Proses pencalonan tuan rumah PON ini layaknya Asian Games. Prosesnya cukup panjang. Untuk itu calon tuan rumah harus membuat rencana jangka panjang," katanya.

Untuk menjadi tuan rumah PON, daerah tersebut perlu menyiapkan tiga hal utama.

Pertama membuat rencana jangka panjang tentang fasilitas tempat pelaksanaan pertandingan.

Kedua menyiapkan panitia penyelenggara. Yang ketiga menyiapkan kontingen untuk meraih prestasi terbaik.

"Jangan sampai sebagai tuan rumah, hanya mengalungkan medali kepada para tamu. Para atlet tuan rumah juga harus bersiap untuk meraih prestasi sehingga bisa sukses prestasi dan penyelenggaraan," jelas dia.

Sementara itu Wakil IV Ketua Umum KONI Pusat K. Inugroho menjelaskan, daerah yang mendaftar sebagai calon tuan rumah PON membayar uang pendaftaran sebesar Rp1 Milyar dan menyerahkan uang jaminan senilai Rp5 Milyar.

"Kalau tidak terpilih maka uang jaminan itu akan kembali ke daerah yang memberikan," ujarnya kemudian.

Penetapan tuan rumah sebut dia akan dilakukan setelah pihaknya melakukan pemantauan langsung persiapan yang dilakukan, dan hasilnya nanti akan diputuskan dalam Musornaslub KONI.

RELL

Post a Comment

PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Falsanar Piliang