Hadirnya Amorphophallus Titanium Menarik Perhatian Warga


JURNALIST SUMBAR| PADANG PARIAMAN- Seorang warga bernama Hendri menemukan bunga bangkai (Amorphophallus Titanium) yang sedang mekar di kawasan pemakaman masyarakat. Lokasinya berada di depan Kantor Nagari Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman.

Sebagaimana dirilis akun facebook Kodim Pariaman, Rabu (17/1/2018), penemuan itu dilaporkan Hendri kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat Kopda TNI Ulil amri dilanjutkan pengecekan bersama warga ke lokasi penemuan.

Dalam waktu singkat, informasi penemuan bunga bangkai itu menyebar di tengah masyarakat dan menarik perhatian warga. Mereka pun datang ke lokasi untuk melihat. Bahkan, tak sedikit yang mengabadikan tanaman tersebut dengan berfoto.

Dari sebuah situs diperoleh gambaran, bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga bangkai, seperti pada Raflesia, berfungsi menarik kumbang dan lalat penyerbuk bunganya.

Setelah masa mekarnya lewat (sekitar 7 hari), bunga bangkai akan layu dan kembali mengulangi siklus hidupnya, dengan tumbuhnya pohon baru di atas umbi bunga bangkai yang sudah mati.


Ketinggian bunga bangkai bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 meter. Sebagian besar bunga bangkai adalah spesies endemik yang dapat dibudidayakan. 

#Fls

Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang