Uztad Jasman, "Agama dan Ilmu Harus Sejalan"




PADANG, - Memasuki malam ramadhan shalat tarwih ke 13 Rabu (7/6). Mushalla Al - Muttaqin mendatangkan guru atau, Pemberi Tausiah/pengajian oleh uztad Drs. Jasman
Usai laksanakan shalat isa berjamaah, sebelum lajutkan shalat tarwih terlebih dahulu di isi dengan pengajian Agama yang mana disampaikan uztad.
Dalam ceramah agama singkatnya uztad Jasman katakan bahwa memiliki Ilmu tinggi, iman kurang apa yang terjadi?.
Bila iman kuat dan agama kurang apa pula yg terjadi ?. Ujar uztad.
Bila ilmu tinggi kurang ajaran agama akan terjadi kesewenangan dan sekehendak hati karena apa yang di lakukan benar menurut ilmunya dan bisa sesorang menjadi radikal. Radikal yaitu mempelajari ilmu sampai keakar- akarnya.
Bila Agama tidak di tompangi dengan ilmu, seseorang tidak memiliki moral dan bodoh serta tidak mau peduli dengan siapa saja, Ilmu tanpa agama buta, berpikir tidak menurut semestinya, jadi Agama dan ilmu harus sejalan sehingga akan membawa kerkahan dunia dan akhirat. Ujar Jasma.
Lanjut Jasman agama dengan ilmu sama seperti obat bagi si sakit sebagai sarana untuk jadi sembuh atas izin Allah.
Allah akan angkat derajat orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan yang di jalankan sesuai perintah Allah, lanjut Jasman.
Kita semua mengetahui Surat pertama ihkrok pada Al Quran menyuruh umat atau orang muslim untuk membaca dan belajar , bacalah, bacalah dengan nama Allah.
Saat sahabat Saidini Ali bertanya, apa itu ilmu dan harta,? Ali menjawab ilmu adalah warisan Nabi sedangkan harta warisan karun.
Ali juga katakan orang berilmu itu bergembira dan senang di mana saja berada karena orang berilmu sungguh baik dan ingin terus ilmu untuk di kembangkan di mana saja, maka itu, tuntutlah ilmu itu sampai ke negeri cina.
Ilmu kekayaan rohani dan harta kekayaan jasmani, ingin hidup selamat dari dunia dan akhirat pelajari ilmu pengetahuan sebanyak-banyak, ujar Jasman mengakhiri tausiahnya.

#Fals/ (tf).
Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang