Pemko dan Baznas Gelar Bazar Ramadhan 24 Ribu Voucher Sembako Disebar


PADANG,JURNALISTSUMBAR,Pemerintah Kota Padang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menggelar Bazar Ramadhan di Pelataran Parkir Masjid Nurul Iman Padang. Pada Bazar tersebut, kaum dhuafa Kota Padang bisa menukarkan voucher yang telah disalurkan Baznas Kota Padang.

Wali Kota Padang Mahyeldi, dikesempatan itu mengatakan, sebanyak 24 ribu voucher sembako senilai Rp 3,6 miliar telah disalurkan Baznas Kota Padang kepada kaum dhuafa. Bertujuan untuk meringankan beban kebutuhan kaum Dhuafa selama bulan Ramadhan.

“1 voucher bernilai Rp 150 ribu, bisa ditukarkan dengan sembako yang ada di bazar ini,” ujar Mahyeldi usai membuka secara resmi Bazar Ramadhan tersebut, Sabtu (03/06/17).

Lebih lanjut dikatakan, pada Bazar Ramadhan juga dilaksanakan operasi pasar oleh distributor sembako, sehingga warga Kota Padang bisa berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri dengan harga barang yang miring.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Hendrizal, mengatakan, pasar murah digelar untuk meringankan beban masyarakat yang berpenghasilan rendah. Di Masjid Agung Nurul Iman kegiatan digelar dari 3-5 Mei 2017, di Kecamatan Bungus 6 Mei 2017, Lubuk Begalung 7 Mei 2017, Lubuk Kilangan 8 Mei 2017.

Lalu, Kecamatan Pauh 9 Mei 2017, Kuranji 10 Mei 2017, Nanggalo 11 Mei 2017, Koto Tangah 12 Mei 2017 dan Padang Utara 14 Mei 2017.

Dikesempatan itu, Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso, menjelaskan, penyaluran voucher yang bersumber dari dana zakat yang dihimpun Baznas selama ini merupakan salah satu program rutin yang digelar setiap Ramadhan agar beban kaum dhuafa dapat lebih ringan.

Epi menyebutkan pada 2016 Baznas Padang berhasil menghimpun zakat sebesar Rp 24 miliar dan pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp28 miliar.

Hingga Mei 2017 zakat yang telah dihimpun mencapai Rp 9,8 miliar dan yang sudah disalurkan lebih besar dari yang sudah dihimpun yaitu Rp 12,8 miliar lewat program Padang Sejahtera, Padang Religius, Padang Cerdas, Padang Makmur dan Padang Sehat.

Ia mengatakan penyaluran voucher dilakukan lewat pengurus masjid dan mushala karena pengurus dinilai lebih tahu warga miskin sekitarnya.

Pembukaan Semarak Ramadhan IX kerjasama Pemko Padang dan Baznas Kota Padang, juga dihadiri Wakil Wali Kota Padang Emzalmi, Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz, Dandim 0312 Padang Letkol Kav Eryzal Satria, pimpinan OPD Kota Padang, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan tema "Ukir Senyum Dhuafa di Bulan Mulia", Semarak Ramadhan tersebut menggelar Bazar, Tahfidz Al Quran, Nasyid, Bintang Qasidah, Kaligrafi dan Solo Song Religi.  

#Fals/hms

Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang