Disdik Padang Pariaman Adakan Bimtek Keutuhan Keluarga


PADANG.JURNALISTSUMBAR.Keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak, baik di rumah maupun pada satuan pendidikan (sekolah), merupakan suatu keniscayaan. Berbagai riset atau penelitian, baik yang dilakukan di dalam negeri maupun di luar negeri, menunjukkan bahwa keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak dapat meningkatkan prestasi belajar dan menumbuhkan karakter anak secara optimal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Padang Pariaman diwakili Suhatman SPd MSi mengemukakan hal itu ketika membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga pada Satuan Pendidikan (Satdik), Selasa (9/5/2017). Kegiatan itu berlangsung pada sebuah hotel di Kota Padang.

Menurut Suhatman yang merupakan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD & PNF), kerjasama dan keselarasan antara pendidikan yang dilakukan pada satdik dan di lingkungan keluarga merupakan kunci sukses akselerasi pendidikan yang kondusif.



“Sedemikian pentingnya hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI membentuk Direktorat (baru) Pembinaan Pendidikan Keluarga. Program direktorat itulah yang saat ini kita selenggarakan,” ujarnya.

Suhatman mengingatkan, para peserta yang terpilih supaya bersungguh-sungguh mengikuti bimtek ini. Sebab, selain mengaplikasikan ilmu yang diperoleh pada satdik masing-masing, juga diharapkan menularkannya ke satdik-satdik lain.

Tidak tanggung-tanggung,sebagaimana dilaporkan Ketua Panitia Pelaksana Dra Harlina MPd, bimtek tersebut berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (11/5/2017). Seluruh peserta, panitia dan narasumber diinapkan pada hotel yang sama.

“Bimtek ini diikuti 50 peserta. Mereka terdiri dari 15 Kepala PAUD, 15 Kepala Sekolah Dasar (SD), 7 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), 5 Kepala Lembaga PNF serta 8 orang mitra Bidang PAUD & PNF. Sedangkan narasumber berasal dari Kemendikbud RI, Universitas Negeri Padang (UNP) dan Disdikbud Padang Pariaman,” kata Harlina.

Di antara narasumber adalah Nanik Suwaryani PhD (Kasubdit Pendidikan Anak dan Remaja pada Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga) : Kebijakan Teknis Pelibatan Keluarga dan Masyarakat di Satuan Pendidikan, Suhatman SPd MSi: Pendidikan Keluarga di Era Digital dan Dra Hajjah Rena Sovia: Pengasuhan Positif.


Selanjutnya Dr Dadan Suryana MPd: Pelaksanaan Pertemuan Walikelas dengan Orangtua Siswa serta Pelaksanaan Kelas Orangtua dan Dr Syur’aini MPd: Pelaksanaan Kelas Inspiratif serta Pelaksanaan Pameran Karya Siswa dan Pentas Akhir Tahun.


Setelah pemaparan narasumber, Rabu sore – malam para peserta dijadwalkan melakukan diskusi kelompok implementasi pelibatan keluarga dan masyarakat pada masing-masing jenjang dan jenis satdik. Sedangkan pada hari ketiga, Kamis, seluruh peserta dengan dampingan Fasilitator Anik Budi Utami dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga menyusun rencana tindak lanjut (RTL), presentasi dan refleksi kegiatan. (zast)
Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang