Revitalisasi SMK, Butuh Program Markettable Buat Lulusannya


PADANG.JURNALISSUMBAR..Direktur Pembinaan SMK (Dir.PSMK) Drs. M.Mustaghfirin Amin, MBA menutup secara resmi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat   Sumbar  yang dilaksanakan selama lima hari di Hotel axxana Padang (23/4)

Dihadiri oleh kepala dinas Drs. Burhasman Bur, Rektor UNP prof. Ganefri, Rektor Bung Hatta Nikki Lukviarman dan beberapa dosen kejuruan dan praktisi pariwisata juga tampak. 

Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua elemen termasuk Kampus UNP dan UBH telah   mendukung kegiatan kreatifitas  LKS SMK Se Sumbar sudah sukses dilaksanakan.

Dari hasil Lomba LKS SMK tahun 2017   sudah terlihat kualitas, dan untuk  putra putri terbaik dari lomba ini  dikirim ke lomba LKS tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 24 mei di Kota Solo Surakarta.

Beliau juga mengapresiasi siswa yang telah berprestasi penuh semnangat dalam lomba ini dengan menjunjung tinggi, transparansi, kredibel, dan fleksibel. Kata direktur

Pemerintah pada Tahun 2016 lalu,  telah mendandatangani memoentum instruksi presiden tentang revitalisasi SMK, baru sekarang SMK diperhatikan langsung oleh president Jokowi,” ujarnya

Saatnya kita   terus meningkatkan mutu  dan kualitas  yang ada, sumbar jumlah 200 lebih, agar secara bertahap  bisa  meningkatkan kualitasnya, Agar gaung SMK dapat dilirik oleh industri 

Saya mendorong warga  SMK, dengan  menyiapkan diri, baik kepala sekolah dan guru pendamping, supaya masyarakat dan orang tua siswa dapat memberikan penilaian  positif  terhadap smk, yang menjadi harapan keluarga, bangsa dan masyarakat. 

Industri haruslah  sudah bisa melihat bahwa smk sudah meningkatkan keahlian dan keterampilannya, dengan penataan revitalisasi program keahlian hanya ada 42 jurusan di sumbar,  dari 142 jurusan yang ada di Indonesia,” harapannya

Kebutuhan tenaga kerja didunia industri di sumbar jangan sumbar dimasuki oleh tenaga kerja dari luar propinsi karena jurusan keahlian yang dibutuhkan industri belum ada.  

Jangan terjadi  jurusan yang sama lagi di buka kembali di  sekolah SMK, agar kompetensi ketenaga kerjaan dapat berimbangdan diserap baik di dunia usaha dan dunia kerja.

Menyambung harapan direktur PSMK, kepala dinas pendidikan Sumbar Burhasman Bur juga siap mendukung revitalisasi SMK di sumbar dengan memberikan  harapan bahwa SMK harus memiliki konsep perspektif kedepan dengan melakuka pembinaan lembaga pendidikan itu sendiri.

Karena prospek kedepan yang dimiliki SMK, bukan sekedar dilihat hari ini saja,” kata kadis

Harus mampu Mengembangkan bidang keahlian yang markettable berorientasi pasar kerja itu sendiri,” jawab burhasman bur


Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang