Padang Targetkan Masyarakatnya Makan Ikan 38kg/Perkapita Pertahun

Padang, www.jurnalistsumbar.com. Walikota Padang mengukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang periode 2017 – 2020, bertempat di Palanta walikota Padang, di Kediaman Resmi Walikota Padang, senin(27/3). Hadir bersama Walikota saat itu, kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Zalbadri,  Ketua umum Forikan Kota SolokPadang Ny.Hj.harneli Bahar,  kepada dinas pendidikan kota Padang Barlius, kepala dinas tanaman Pangan Hultikultura Padang Heryanto Rustam, dan beserta seluruh pengurus Forikan Kota dan pengurus Forikan Kecamatan se-Kota Padang yang akan dikukuhkan hari itu.

Dalam laporannya, ketua Forikan Kota Padang Ny. Hj Harneli bahar   usai dilantiknya kepengurusan Forikan kota Padang  agar dapat  bergerak cepat guna mengejar target untuk peningkatan konsumsi ikan di daerah ini.

Tingkat konsumsi penduduknya masih tergolong sangat rendah. Dijelaskannya,
Saat ini tingkat konsumsi ikan di Negara Indonesia secara global baru mencapai angka 40Kg/Kapita/Tahun sedangkan Sumbar hanya 36Kg/Kapita/Tahun, dan tentunya Padang lebih rendah lagi, hanya 25/Kapita/Tahun.

Sementara jika disbanding dengan Negara maju, contohnya Jepang tingkat konsumsi ikannya mencapai 101 Kg/Kapita/Tahun.

Padang kita targetkan, 36perkapita/tahunnya melalui sosialisasi kesetiap sekolah apemberian makanan tambahan (PMT), dan masyarakat luas melalui majelis taklim dan organisasi masyarakat lainnya

Kita juga melakukan sosialisasi Forikan melalui lomba makanan olahan ala ikan,  dengan oahan bakso ikan dan naget agar disukai oleh anak-anak,” ujar ketua Forikan Padang.

Diungkapkannya, hasil riset membuktikan, otak manusia terbentuk oleh Omega 3, dan ikan merupakan protein yang paling tinggi kandungan Omega 3 nya.

 Untuk itu, dikatakannya, dengan membudayakan konsumsi ikan kepada masyarakat terlebih ibu hamil dan balita, merupakan salah satu langkah dalam menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.

Dia juga mengatakan, dengan membudayakan makan ikan ini, banyak rentetan keuntungannya, selain menghasilkan generasi / masyarakan yang cerdas juga berperan untuk penguatan ekonomi kerakyatan.

Untuk itu, ia menghimbau, melalui dinas pertanian untuk membudidayakan minapadi, sehingga selain bisa meningkat hasil padi sekaligus langsung ternak ikan.

Kadis DKP Padang Zalbadri berharap dengan dibentukkannya, ketua Forikan kota  agar dapat meningkat motivasi masyarakat baik secara kualitas dan kuantitas dalam mengkosumsi ikan.

kita mengajakkan masyarakat melalui  lomba-lomba masakan olahan ala ikan baik tingkat kecamatan dan kelurahan. Kata kadis


#Pal/Humas

Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang