Seperti ilmu padi, Semakin berisi semakin merunduk

Seperti ilmu padi, Semakin berisi semakin merunduk. Mungkin beberapa dari kalian sudah sering mendengar peribahasa diatas, tetapi untuk merefresh ingatan kita ada baiknya kita kembali membahas tentang peribahasa “Seperti ilmu padi, Semakin berisi semakin merunduk”. Ada beberapa pendapat tentang peribahasa diatas salah satunya adalah
       
     Arti dari peribahasa Seperti ilmu padi, makin tua makin merunduk adalah Orang berilmu yang semakin banyak ilmunya semakin merendahkan dirinya.  Peribahasa Seperti ilmu padi, makin tua makin merunduk merupakan peribahasa berbahasa Indonesia yang dimulai dengan huruf S.  Peribahasa Seperti ilmu padi, makin tua makin merunduk dapat anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan sebagai suatu perumpamaan yang mempunyai arti Orang berilmu yang semakin banyak ilmunya semakin merendahkan dirinya.

 Seperti artinya yang jika kita memiliki dan mendapat banyak ilmu setiap harinya maka harusnya kita semakin berendah diri. Mengapa? Karena semua yang kita dapat didunia semata-mata ialah titipan Allah SWT. Apalagi Menyombongkan diri juga tidak baik untuk kita, karena hal itu dapat merusak hubungan sosial Antara kita dan orang-orang sekitar kita. Alangkah Lebih baik jikalau kita membagi ilmu kita kepada orang lain, ketimbang menyombongkannya.

            Ada beberapa orang yang memiliki sifat seperti peribahasa tersebut yang malah menjadi sukses karenanya. Dia memang bukan dari keluarga yang tak mampu tetapi juga bukan dari keluarga yang mampu. Dia memang tidak memiliki ilmu yang luas. Namun karena dia selalu memberikan ilmu yang dia dapat di berbagai tempat kepada anak-anak jalanan, dirinya kini menjadi lebih mulia ketimbang orang-orang bergelar.

            Selain daripada itu, jika kita membagikan hanya sebuah ilmu kepada seseorang. Pastinya jika

            Memang tidak semua orang akan menilai kita dari berbagai arah. Kebanyakan orang yang baru mengenal kita pasti akan menilai bagaimana cara kita berpenampilan terlebih dahulu. Kebanyakan juga tidak melihat apa sifat yang ada dibalik orang tersebut. Tetapi apapun itu jika kita memiliki sifat seperti peribahasa “Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk” insyaallah, kita akan terlihat baik didepan semua orang walaupun belum dikenal.

            Namun dari semua itu, kita kembali lagi ke diri kita sendiri. Apakah diri kita sudah berendah hati atas ilmu yang kita dapat?. Apakah kita menghilangkan sifat sombong diri kita?. dan Apakah sudah kita membagi ilmu kita dengan rendah hati dan ikhlas?.
dia yang kita berikan ilmu berhasil sukses dengan bekal ilmu yang kita berikan, maka pastinya suatu hari ia akan mencari kita dan berterimakasih atas apa yang kita berikan. Walaupun itu sebuah ilmu sederhana yang hanya berbentuk motivasi dan semangat. Jika kita bisa meyakinkan kepada seseorang bahwa dia bisa dan dia berhasil, kita pasti akan menjadi guru terbaiknya.






Diberdayakan oleh Blogger.
PT. Piliang Intermaya Media Mengucapkan: Selamat datang di Website Jurnalistsumbar.com, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!! Tertanda Pemred: Falsanar Arsul Piliang